Langsung ke konten utama

Penyebab Kerusakan Pada Rantai Kamprat ( Cam Chain )


          Noken as ( cam shaft ) ialah sebuah komponen peranti yang berfungsi untuk mengatur beberapa klep di mesin, klep tersebut terdiri dari klep masuk maupun klep buang. Pergerakan cam shaft ini dilakukan oleh sebuah rantai yang dihubungkan dengan poros engkol, nah rantai ini dapat jadi mengendor atau molor, bahka dalam kasus yang terbilang parah hal ini bisa mengakibatkan putus.
          Akibatnya di saat motor melaju kecang akan tiba-tiba berhenti dan motor pun sulit untuk dikendalikan. Sebab bagian-bagian yang rontok itu akan mengenai girbok kepala silinder mesin.
Berikut ini ulasan tentang bagaimana cara mendeteksi kerusakan kamprat dan cara bagaimana untuk mengatasi simak dibawah ini.

Penyebab Kerusakan Kamprat
          Dengan berjalannya waktu pemakaian yakni tiga hingga lima tahun, peranti itu akan mengalami keausan. Namun beberapa perlakuan yang salah terhadap motor juga turut memicu terjadinya kerusakan tersebut. Untuk perlakuan yang salah itu diantaranya :
Suhu mesin yang kerap panas yang melebihi standarnya.
Putaran mesin yang tinggi karena motor sering dipacu untuk balap.
Dan dalam pergantian oli yang sering terlambat.Cara Mengatasi ( Pergantia Rutin )
Selain rutin dalam melakukan pemeriksaan yakni minimal setahun sekali, juga dianjurkan untuk pergantian oli dengan secara rutin dan tepat waktu. Apabila anda ragu, bawalah motor anda ke bengkel yang terpercaya dan telah kenal dengan anda. Namun sebelum membawanya ke tempat tersebut sebaiknya anda telah memahami dengan seluk beluk tentang rantai keteng ( kamprat ) tersebut. Hal ini agar anda tidak dibohongin atau dikelabui bagi pihak yang tidak bertanggung jawab.
        Jika motor anda yang merupakan jenis motor yang menggunakan tensioner, maka pahami jiga pada bagian tensionernya. Tensioner merupakan peranti untuk mengatur tingkat ketegangan rantai tersebut. Hal ini harus diperhatikan, pasalnya dalam beberapa kasusu ternyata rantai keteng tersebut tidak mengalami masalah dan yang bermasalah hanya pada setelah rantai keteng ( tensioner ) tersebut. Jika itu terjadi maka cukup menyetel ulang tensioner, namun bila keduanya baik rantai maupun tensioner telah mengalami keausan maka sebaiknya diganti semua saja.

Cara Mendeteksi
         Cara untuk mendeteksi masalah ini sejatinya terbilang cukup mudah, caranya yakni dengan panasi motor anda pada kondisi pagi hari dan kemudian dengarkan apakah adan suara-suara berisik seperti suara tek, tek, tek…. bila suara tersebut dalam waktu 10 hingga 15 menit telah hilang berarti proses pelumasan yang bermasalah artinya disini untuk kualitas oli telah jelek sehingga perlu untuk diganti.
        Namun jika ternyata lebih dari 15 menit suara belum hilang berarti rantai atau tensionernya yang bermasalah. Adapun cara untuk mencegah permasalahan ini, selain rajin mengganti oli ialah jangan mengangkut beban berat yang melebihi kapasitas yang ditoleransi pabrikan, selain itu juga gunakan teknik mengendarai yang baik dan benar, terutama di kala melewati jalaanan yang menanjak dengan tingkat sudut kemiringan yang besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DAN KOMPONEN UTAMA SEPEDA MOTOR

Sepeda motor, seperti juga mobil dan pesawat tenaga lainnya, memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.  Mesin merupakan alat untuk membangkitkan tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin. Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu : 1.  Kepala silinder (cylinder

Macam-macam Alat Ukur dan Cara Kerjanya

Alat Ukur Massa Nama : Neraca Cara Kerja : Bacalah Skala yang ditunjukkan oleh anting (pemberat) pada masing-masing lengan neraca. Hasil pengukuran dinyatakan dengan persamaan : Hasil = Pembacaan skala pada lengan tengah + Pembacaan skala pada lengan Belakang + Pembacaan skala pada lengan depan. Nama : Neraca Elektronik Cara kerja : benda yang akan di ukur massanya di letakkan di atas timbangan dan nilainya langsung dibaca  pada tampilan digital. Alat Ukur Waktu Nama :  stopwatch Cara Kerja: Tombol Start, Stop dan reset yang dipergunakan untuk memulai, menghentikan maupun      mengulang pengukuran waktu. Skala dalam detik, skala ini disusun melingkar dibagian pinggir dengan jarak antar skala 0,2 detik. Jarum panjang, yang berfungsi sebagai penunjuk hasil pengukuran dalam detik. Skala dalam menit, skala ini disusun melingkar dengan jarak antar skala 1 menit. Jarum pendek, yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dalam menit. Nama :  Jam Atom Cara kerja :Maser untuk r