Langsung ke konten utama

KOPLING

Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis.
1. Clutch dish (plat kopling)
Piringan gesek yang dipasangkan ke poros input transmisi. Memuat permukaan gesek(kasar) antara roda gila dengan plat penekan

2. Pressure plat (plat penekan)
Plat yang ditekan dengan spring(per) memberi gaya plat kopling melawan roda gila (flywheel)

3. Clutch fork (Tuas/garpu kopling)
Adalah tuas yang memberi gaya bearing pembebas melawan plat penekan

4.Fly Wheel (Roda Gila )
Memberikan suatu permukaan gesek (kasar) pada plat kopling

5.Pilot Bearing (Ring atau Bering
Mendukung/menyangga bagian ujung depan dari poros input transmisi

Mekanisme pemindah tenaga yang dihasilkan oleh mesin disebut dengan “ POWER TRAIN “
Mekanisme ini terdiri dari :
Kopling ( clutch )
Transmisi
Propeller shaft
Differential
Axle & Drive shaft

Clutch ( kopling )
Letak : Antara mesin dan Transmisi
Fungsi : Untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke transmisi
Syarat :
Dapat mengubungkan putaran mesin ke transmisi dengan lembut
Dapat memindahkan tenaga mesin ke transmisi tanpa slip
Dapat memutuskan hubungan dengan cepat dan sempurna

Clutch cover tipe coil spring
Keuntungan :
Penekanan terhadap plat kopling kuat
Kerugian :
Tenaga untuk menekan plat kopling berat
Konstruksinya rumit sehingga harganya mahal


Mekanisme penggerak
Kopling mekanis ( mechanical clutch )
Gerak bebas pedal kopling
Gerak bebas pedal adalah jarak antara diaprahgma dan bantalan pembebas

Mekanisme penggerak
Kopling hidraulis ( hydraulic clutch )
Pada tipe ini gerakan pedal kopling dirubah menjadi tekanan hidraulis oleh master cylinder yang kemudian diteruskan ke release fork melalui release cylinder

Master silinder kopling
Fungsi :
Untuk menghasilkan tenakan hydrolis

Silinder pembebas kopling ( clutch release cylinder )
Fungsi :
Untuk meneruskan tenaga dari master cylinder mendorong release fork

Kopling otomatis ( torque converter )
Catatan :
Hanya digunakan pada kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi otomatis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DAN KOMPONEN UTAMA SEPEDA MOTOR

Sepeda motor, seperti juga mobil dan pesawat tenaga lainnya, memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.  Mesin merupakan alat untuk membangkitkan tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin. Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu : 1.  Kepala silinder (cylinder

Macam-macam Alat Ukur dan Cara Kerjanya

Alat Ukur Massa Nama : Neraca Cara Kerja : Bacalah Skala yang ditunjukkan oleh anting (pemberat) pada masing-masing lengan neraca. Hasil pengukuran dinyatakan dengan persamaan : Hasil = Pembacaan skala pada lengan tengah + Pembacaan skala pada lengan Belakang + Pembacaan skala pada lengan depan. Nama : Neraca Elektronik Cara kerja : benda yang akan di ukur massanya di letakkan di atas timbangan dan nilainya langsung dibaca  pada tampilan digital. Alat Ukur Waktu Nama :  stopwatch Cara Kerja: Tombol Start, Stop dan reset yang dipergunakan untuk memulai, menghentikan maupun      mengulang pengukuran waktu. Skala dalam detik, skala ini disusun melingkar dibagian pinggir dengan jarak antar skala 0,2 detik. Jarum panjang, yang berfungsi sebagai penunjuk hasil pengukuran dalam detik. Skala dalam menit, skala ini disusun melingkar dengan jarak antar skala 1 menit. Jarum pendek, yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dalam menit. Nama :  Jam Atom Cara kerja :Maser untuk r