Langsung ke konten utama

SISTEM PENERANGAN


Fungsi untuk memberikan signal kepada pengendara lain dalam bentuk suara atau cahaya pada malam hari ataupun siang hari

KOMPONEN UTAMA DAN FUNGSI

1. Baterai
    Sebagai sumber arus listrik DC.

    Baterai di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
    1. Type Kering
    2. Type Basah

2. Kunci Kontak
            Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik di dalam rangkaian keistrikan secara manual

    Terdapat 4 Terminal pada Kunci kontak, yaitu :
    1. Terminal B        ( Terhubung ke Baterai )
    2. Terminal ST      ( Terhubung ke Starter )
    3. Terminal IG      ( Terhubung ke Ignition )
    4. Terminal ACC  ( Terhubung ke Accessories )

3. Sikring
          Sebagai pengaman pada komponen lain ketika terjadi arus pendek (short-cut)

    Sikring di bedakan menjadi 3 jenis
    1. Type Cartridge
    2. Type Blade
    3. Type Ceramic

4. Relay
    Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik di dalam rangkaian secara elektronik

    Relay di bedakan menjadi 2 Jenis, Yaitu :
    1. Relay Normally Open  (RNO)
    2. Relay Normally Closet (RNC)

    Terdapat 4 Terminal Pada Relay, yaitu :
     1. Terminal 30 ( Terhubung ke positif baterai)
     2. Terminal 85 ( Terhubung ke Ground)
     3. Terminal 86 ( Terhubung ke Saklar Kombinasi)
     4. Terminal 87 ( Terhubung ke Beban seperti, Lampu-lampu, klakson, dll)

5. Flasher
    Untuk memutus dan menghubungkan arus secara elektronik atau untuk mengedipkan lampu

    Terdapat 3 Terminal pada Flasher, yaitu :
    1. Terminal B ( Terhubung ke Baterai positif  )
    2. Terminal E ( Terhubung ke Ground )
    3. Terminal L ( Terhubung ke Light pada saklar kombinasi )

6. Saklar Kombinasi 
    Saklar kombinasi terdiri dari :
1. Sakar Lampu Belok dan Lampu Kepala
2. Saklar Lampu Hazard dan Saklar Klakson
3. Saklar Wifer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DAN KOMPONEN UTAMA SEPEDA MOTOR

Sepeda motor, seperti juga mobil dan pesawat tenaga lainnya, memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.  Mesin merupakan alat untuk membangkitkan tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin. Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu : 1.  Kepala silinder (cylinder

Macam-macam Alat Ukur dan Cara Kerjanya

Alat Ukur Massa Nama : Neraca Cara Kerja : Bacalah Skala yang ditunjukkan oleh anting (pemberat) pada masing-masing lengan neraca. Hasil pengukuran dinyatakan dengan persamaan : Hasil = Pembacaan skala pada lengan tengah + Pembacaan skala pada lengan Belakang + Pembacaan skala pada lengan depan. Nama : Neraca Elektronik Cara kerja : benda yang akan di ukur massanya di letakkan di atas timbangan dan nilainya langsung dibaca  pada tampilan digital. Alat Ukur Waktu Nama :  stopwatch Cara Kerja: Tombol Start, Stop dan reset yang dipergunakan untuk memulai, menghentikan maupun      mengulang pengukuran waktu. Skala dalam detik, skala ini disusun melingkar dibagian pinggir dengan jarak antar skala 0,2 detik. Jarum panjang, yang berfungsi sebagai penunjuk hasil pengukuran dalam detik. Skala dalam menit, skala ini disusun melingkar dengan jarak antar skala 1 menit. Jarum pendek, yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dalam menit. Nama :  Jam Atom Cara kerja :Maser untuk r