Langsung ke konten utama

FUNGSI DAN JENIS SHOCKBREAKER PADA MOTOR

Garpu teleskopik oleo
         Bentuk teleskopik oleo adalah suatu mekanisme dimana roda depan dan rangka dihubungkan langsung oleh suspensi dan garpu depan sebagai suspensi akan menekan atau mengulur keunggulan model ini dalam hal konstruksi yaitu sangat kaku secara horizontal mempunyai langkah ayun yang panjang dan pergerakan kemudi lebih kecil ketika dioperasikan sehingga membuat pengendaraan lebih stabil dan nyaman.
         Karena itu jenis garpu depan seperti ini sekarang lebih banyak dipergunakan selain hanya berisi sebuah pegas yang dipakai pada model yang lebih kecil garpu depan ini dapat dibagi menjadi 2 kategori berdasarkan konstruksi bagian dalamnya tipe piston baja dan tipe katup apung.

Tipe piston baja
        Tipe piston baja mempunyai ruang peredam diantara pipa / tabung bagian luar dengan tabung bagian dalam yang mengurangi gaya tidak ada derajat kebebasan pada karakteristik tabung bagian luar mempunyai diameter luar yang besar dimana langkah peredamannya terbatas sampai kira-kira 150 mm karena keterbatasannya inilah tipe ini hanya dipakai pada beberapa sepeda motor terutama model-model kecil yang dirancang untuk tipe bisnis tidak dipakai untuk sepeda motor tipe sport.

Tipe katup apung
        Tipe katup apung biasanya banyak dipakai berikut suspensi depan teleskopik didalamnya terdapat ruang peredam dimana pengurangan gaya diletakkan diantara tabung bagian dalam dengan tabung silinder dibagian dalam dari tabung bagian dalam kelebihannya adalah tipe ini mempunyai karakteristik pengurangan gaya yang lebih stabil dari pada tipe piston baja dan kekakuan horizontal dan panjang langkahnya lebih baik diantara bagian sliding ( sliding parts ) dari tabung dalam dan luarnya disisipkan sebuah lempengan baja yang dapat mengurangi luas permukaan bidang kontak yang menghasilkan tahanan gesek yang lebih kecil.
        Ketika langkahnya memanjang katup tertutup dan oli pada ruang peredam dipers tekan oleh sebuah lubang ( orifice ) yang terdapat pada silinder sehingga mengalir ke silinder sehingga mengurangi gaya tekan. Pada langkah kompresi katup terbuka oli dibawah piston mengalir ke ruang peredaman dan mengalir ke silinder melalui lubang pada silinder. Pada metode ini dihasilkan pengurangan gaya tekan yang sangat kecil selain itu sebuah pegas pembalik dan pengunci aliran oli membuat penyerapan hentakan dan kontrol reaksi lebih konstan.


Tipe batang dalam
        Tipe ini mempunyai katup bebas pada bagian pemanjangan dan pemadatan yang mekanismenya menghasilkan pengurangan gaya tekan sesuai katup pada silinder. Mekanisme katup pada bagian pemanjangan menggerakkan batang bagian dalam sehingga mekanisme katup menghasilkan pengurangan gaya tekan yang stabil.

Mekanisme pembantu
       Mekanisme-mekanisme dibawah ini kadang dipakai untuk meningkatkan kemampuan suspensi depan

Tipe penyetelan awal
        Panjang pegas dapat dirubah untuk berbagai macam pembebanan awal sehingga penyetelan lebih mudah


Tipe penyetelan pengurangan gaya tekan
      Tipe ini memungkinkan penyetelan lebih mudah karena mekanismenya diatur oleh besaran lubang ( orifice ) yang menentukan jumlah pengurangan gaya tekan.

Mekanisme anti nose drive
         Untuk mencegah agar suspensi depan tidak turun ( merosot ) terlalu rendah saat pengereman tekanan hidrolik pada rem hidrolik akan menutup lubang orifice sehingga aliran oli berhenti.

Tipe pelindung udara ( air sealing )
         Udara di mampatkan didalam tabung bagian dalam pada tekanan 0,5 sampai 1,0 seperti pegas pnematik proses ini berlangsung bersamaan dengan pegas baja untuk kenyamanan pengendaraan dan mencegah agar udara tidak keluar ketika konstanta pegas menaik tiba-tiba pada pertengahan langkah sesuai karakter pegas pnematik.

Tipe Bottom Link
           Pada tipe ini roda depan dengan rangka dihubungkan oleh sebuah sambungan ( links ) dan suspensinya dirancang sedemikian rupa dari bahan yang kokoh untuk menopang kendaraan. Sesuai konstruksinya beban dibagian bawah pegas kecil dan gaya geseknya rendah selain itu model ini lebih murah.Kerugiannya adalah banyak perubahan yang harus dilakukan saat dikendarai dan panjang langkahnya terbatas tipe bottom link dibagi menjadi dua yaitu tipe leading link dimana posisi link berada dibelakang as roda dan tipe trailing link dimana posisi link berada didepan as roda.

Garpu Depan Tipe Terbalik
         Pada tipe ini diameter bracket bagian luarnya lebih besar dari pada tabung bagian dalam dan ditempatkan disamping bracket dimana terjadi pemusatan gaya sehingga menambah kekakuan disekitar garpu depan tipe ini sering digunakan untuk sepeda motor sport.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

  Mata Pelajaran : Kreatif Inovasi & Kewirausahaan Materi : Brainstorming & Mind Mapping Usaha Sederhana Tujuan : Melatih siswa menemukan dan mengembangkan ide usaha secara kreatif. A. Pengantar Materi Brainstorming  adalah curah pendapat/ide sebanyak mungkin tanpa mengkritik. Mind Mapping  adalah peta pikiran untuk menyusun ide agar lebih terstruktur. Produk ide tertulis  adalah hasil akhir berupa konsep usaha sederhana. B. Soal Latihan Bagian 1 – Pilihan Ganda Brainstorming dilakukan dengan cara … a. Menghapus ide yang tidak realistis b. Menilai setiap ide secara kritis c. Menyampaikan ide sebanyak mungkin tanpa kritik d. Membatasi jumlah ide Mind mapping berguna untuk … a. Menghitung modal usaha b. Membuat ide menjadi terstruktur c. Menyusun laporan keuangan d. Menentukan lokasi usaha Yang termasuk kreativitas dalam usaha adalah … a. Menyalin produk pesaing b. Memberi nama produk unik c. Menjual produk sama tanpa perubahan d. Menghindari promosi Bagian 2 –...

Mind Mapping Usaha Sederhana

  LEMBAR 1 – Brainstorming Usaha Sederhana Topik: Usaha Sederhana untuk Anak Sekolah / Remaja 💡 Pertanyaan Pemicu: ·          1. Usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal kecil? ·          2. Produk atau jasa apa yang sering dibutuhkan di lingkungan sekitar (sekolah/rumah)? ·          3. Usaha apa yang bisa dilakukan sambil tetap sekolah? Hasil Brainstorming (daftar ide): ·          Jualan makanan ringan (gorengan, keripik, kue) ·          Jualan minuman dingin (es teh, es jeruk, kopi susu, infused water) ·          Jasa cuci motor / sepeda ·          Jasa pengetikan / print tugas sekolah ·          Kerajinan tangan (gantungan kunci, gelang, t...

MESIN DAN KOMPONEN UTAMA SEPEDA MOTOR

Sepeda motor, seperti juga mobil dan pesawat tenaga lainnya, memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.  Mesin merupakan alat untuk membangkitkan tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin. Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu : 1.  Kepala silinder ...