Langsung ke konten utama

Penyebab Kerusakan Pada Rantai Kamprat ( Cam Chain )


          Noken as ( cam shaft ) ialah sebuah komponen peranti yang berfungsi untuk mengatur beberapa klep di mesin, klep tersebut terdiri dari klep masuk maupun klep buang. Pergerakan cam shaft ini dilakukan oleh sebuah rantai yang dihubungkan dengan poros engkol, nah rantai ini dapat jadi mengendor atau molor, bahka dalam kasus yang terbilang parah hal ini bisa mengakibatkan putus.
          Akibatnya di saat motor melaju kecang akan tiba-tiba berhenti dan motor pun sulit untuk dikendalikan. Sebab bagian-bagian yang rontok itu akan mengenai girbok kepala silinder mesin.
Berikut ini ulasan tentang bagaimana cara mendeteksi kerusakan kamprat dan cara bagaimana untuk mengatasi simak dibawah ini.

Penyebab Kerusakan Kamprat
          Dengan berjalannya waktu pemakaian yakni tiga hingga lima tahun, peranti itu akan mengalami keausan. Namun beberapa perlakuan yang salah terhadap motor juga turut memicu terjadinya kerusakan tersebut. Untuk perlakuan yang salah itu diantaranya :
Suhu mesin yang kerap panas yang melebihi standarnya.
Putaran mesin yang tinggi karena motor sering dipacu untuk balap.
Dan dalam pergantian oli yang sering terlambat.Cara Mengatasi ( Pergantia Rutin )
Selain rutin dalam melakukan pemeriksaan yakni minimal setahun sekali, juga dianjurkan untuk pergantian oli dengan secara rutin dan tepat waktu. Apabila anda ragu, bawalah motor anda ke bengkel yang terpercaya dan telah kenal dengan anda. Namun sebelum membawanya ke tempat tersebut sebaiknya anda telah memahami dengan seluk beluk tentang rantai keteng ( kamprat ) tersebut. Hal ini agar anda tidak dibohongin atau dikelabui bagi pihak yang tidak bertanggung jawab.
        Jika motor anda yang merupakan jenis motor yang menggunakan tensioner, maka pahami jiga pada bagian tensionernya. Tensioner merupakan peranti untuk mengatur tingkat ketegangan rantai tersebut. Hal ini harus diperhatikan, pasalnya dalam beberapa kasusu ternyata rantai keteng tersebut tidak mengalami masalah dan yang bermasalah hanya pada setelah rantai keteng ( tensioner ) tersebut. Jika itu terjadi maka cukup menyetel ulang tensioner, namun bila keduanya baik rantai maupun tensioner telah mengalami keausan maka sebaiknya diganti semua saja.

Cara Mendeteksi
         Cara untuk mendeteksi masalah ini sejatinya terbilang cukup mudah, caranya yakni dengan panasi motor anda pada kondisi pagi hari dan kemudian dengarkan apakah adan suara-suara berisik seperti suara tek, tek, tek…. bila suara tersebut dalam waktu 10 hingga 15 menit telah hilang berarti proses pelumasan yang bermasalah artinya disini untuk kualitas oli telah jelek sehingga perlu untuk diganti.
        Namun jika ternyata lebih dari 15 menit suara belum hilang berarti rantai atau tensionernya yang bermasalah. Adapun cara untuk mencegah permasalahan ini, selain rajin mengganti oli ialah jangan mengangkut beban berat yang melebihi kapasitas yang ditoleransi pabrikan, selain itu juga gunakan teknik mengendarai yang baik dan benar, terutama di kala melewati jalaanan yang menanjak dengan tingkat sudut kemiringan yang besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN

 SEJARAH SINGKAT MESIN DIESEL            Diesel berasal dari nama seorang insiyur dari jerman yang menemukan mesin ini pada tahun 1893, yaitu Dr.Rudolf Diesel . Ia mendapat kan paten ( Rp.67207 ) berjudul Arbietsverfahren und fur Ausfuhrungsart Verbrenungsmaschinen . Pada waktu itu mesin tersebut tergantung panas yang di hasilkan ketika kompresi untuk menyalahkan bahan bakar. Bahan bakar ini diteruskan keselinder  oleh tekanan udara pada akhir kompresi.             Pada tahun 1924 Robert  Bosch seorang insiyur dari jerman mencoba mengembangkan pompa injeksi  dari pada menggunakan tekanan udara yang akhirnya berhasil menyempurnakan ide dari Dr.Rudolf diesel tersebut.keberhasilanya Robert  Bosch  tersebut di rasakan sampai sekerang MEMAHAMI DASAR DASAR MESIN         Suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan, jalan, udara dan sebagainya. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin. Mesin merupa

Pengertian Teknik Kendaraan Ringan

           Teknik Kendaraan Ringan merupakan kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri. TKR / Otomotif Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai tujuan PendidikanNasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.          Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten: 1. Memahami dasar-dasar mesin. 2. Memahami proses-proses dasar pembentukan logam. 3. Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi.

MESIN DAN KOMPONEN UTAMA SEPEDA MOTOR

Sepeda motor, seperti juga mobil dan pesawat tenaga lainnya, memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.  Mesin merupakan alat untuk membangkitkan tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin. Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu : 1.  Kepala silinder (cylinder