Langsung ke konten utama

Teknik Dasar dan Fungsi Komponen Sepeda Motor


Sistem mesin / engine
         Sistem tenaga mesin adalah sebagai sumber tenaga penggerak untuk berkendara yang terdiri dari bagian-bagian berikut ini :
          Engine / mesin - Berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis menjadi tenaga putar.   Sistem pemasukan bahan bakar- Merubah bahan bakar cair menjadi gas sehingga mudah terbakar dengan mencampur udara.
Sistem pelumasan - Dengan lapisan oli yang timbul melindungi keausan komponen yang berputar dan pendingin. Sistem pembuangan- Menghentikan tekanan panas yang timbul dari proses pembakaran. Sistem pendinginan - Menjaga suhu mesin agar dapat lancar dan stabil.
         Sistem tranmisi penggerak adalah merupakan rangkaian tranmisi dan tenaga mesin ke roda belakang.   Mekanisme kopling - Melepas dan mengkopel putaran mesin ke mekanis metransmisi
Mekanisme gear - Memungkinkan untuk menyesuaikan antara tenaga mesin dengan kecepatan sepeda motor. Transmisi - Meneruskan tenaga dari mekanisme gear ke roda.
Mekanisme starter - Meneruskan putaran kick crank ke crank shaft dan memutar crank shaft.
Chassis / rangka
        Untuk berkendara dan mekanisme kemudi yaitu terdiri dari beberapa komponen untuk menunjang agar dapat berjalan dan berbelok.
Rangka - Tempat dudukan mesin dan mekanisme kemudi
         Mekanisme absorber dan roda belakang - Tempat roda belakang dan meredam getaran dan berjalan. Mekanisme rem dan roda belakang- Menompang rangka, rem mengurangi kecepatan dan menghentikan putaran roda. Lain-lain - Tangki bahan bakar, tempat duduk, fender dll.

Sistem kelistrikan
         Mekanisme kelistrikan yaitu tenaga listrik menghasilkan daya pembakaran untuk proses kerja mesin dan sinyal untuk menunjang keamanan berkendara. Mekanisme pengapian- Menghasilkan listrik dengan voltase yang tinggi untuk membakar gas dalam untuk kerja mesin.
Mekanisme dynamo power suply- Memberikan tenaga listrik secara kontinyu pada saat berjalan kesemua komponen listrik. Mekanisme sinyal dan penerangan- Sebagai penerangan dan sinyal untuk keamanan dalam berkendara dan indikator petunjuk. Mekanisme stater - Sebagai perlengkapan untuk memutar crank shaft dengan tenaga listrik / motor stater.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN

 SEJARAH SINGKAT MESIN DIESEL            Diesel berasal dari nama seorang insiyur dari jerman yang menemukan mesin ini pada tahun 1893, yaitu Dr.Rudolf Diesel . Ia mendapat kan paten ( Rp.67207 ) berjudul Arbietsverfahren und fur Ausfuhrungsart Verbrenungsmaschinen . Pada waktu itu mesin tersebut tergantung panas yang di hasilkan ketika kompresi untuk menyalahkan bahan bakar. Bahan bakar ini diteruskan keselinder  oleh tekanan udara pada akhir kompresi.             Pada tahun 1924 Robert  Bosch seorang insiyur dari jerman mencoba mengembangkan pompa injeksi  dari pada menggunakan tekanan udara yang akhirnya berhasil menyempurnakan ide dari Dr.Rudolf diesel tersebut.keberhasilanya Robert  Bosch  tersebut di rasakan sampai sekerang MEMAHAMI DASAR DASAR MESIN         Suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan, jalan, udara dan sebagainya. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin. Mesin merupa

Pengertian Teknik Kendaraan Ringan

           Teknik Kendaraan Ringan merupakan kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri. TKR / Otomotif Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai tujuan PendidikanNasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.          Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten: 1. Memahami dasar-dasar mesin. 2. Memahami proses-proses dasar pembentukan logam. 3. Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi.

MESIN DAN KOMPONEN UTAMA SEPEDA MOTOR

Sepeda motor, seperti juga mobil dan pesawat tenaga lainnya, memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.  Mesin merupakan alat untuk membangkitkan tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin. Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu : 1.  Kepala silinder (cylinder