Langsung ke konten utama

SISTEM PENERANGAN


Fungsi untuk memberikan signal kepada pengendara lain dalam bentuk suara atau cahaya pada malam hari ataupun siang hari

KOMPONEN UTAMA DAN FUNGSI

1. Baterai
    Sebagai sumber arus listrik DC.

    Baterai di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
    1. Type Kering
    2. Type Basah

2. Kunci Kontak
            Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik di dalam rangkaian keistrikan secara manual

    Terdapat 4 Terminal pada Kunci kontak, yaitu :
    1. Terminal B        ( Terhubung ke Baterai )
    2. Terminal ST      ( Terhubung ke Starter )
    3. Terminal IG      ( Terhubung ke Ignition )
    4. Terminal ACC  ( Terhubung ke Accessories )

3. Sikring
          Sebagai pengaman pada komponen lain ketika terjadi arus pendek (short-cut)

    Sikring di bedakan menjadi 3 jenis
    1. Type Cartridge
    2. Type Blade
    3. Type Ceramic

4. Relay
    Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik di dalam rangkaian secara elektronik

    Relay di bedakan menjadi 2 Jenis, Yaitu :
    1. Relay Normally Open  (RNO)
    2. Relay Normally Closet (RNC)

    Terdapat 4 Terminal Pada Relay, yaitu :
     1. Terminal 30 ( Terhubung ke positif baterai)
     2. Terminal 85 ( Terhubung ke Ground)
     3. Terminal 86 ( Terhubung ke Saklar Kombinasi)
     4. Terminal 87 ( Terhubung ke Beban seperti, Lampu-lampu, klakson, dll)

5. Flasher
    Untuk memutus dan menghubungkan arus secara elektronik atau untuk mengedipkan lampu

    Terdapat 3 Terminal pada Flasher, yaitu :
    1. Terminal B ( Terhubung ke Baterai positif  )
    2. Terminal E ( Terhubung ke Ground )
    3. Terminal L ( Terhubung ke Light pada saklar kombinasi )

6. Saklar Kombinasi 
    Saklar kombinasi terdiri dari :
1. Sakar Lampu Belok dan Lampu Kepala
2. Saklar Lampu Hazard dan Saklar Klakson
3. Saklar Wifer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN

 SEJARAH SINGKAT MESIN DIESEL            Diesel berasal dari nama seorang insiyur dari jerman yang menemukan mesin ini pada tahun 1893, yaitu Dr.Rudolf Diesel . Ia mendapat kan paten ( Rp.67207 ) berjudul Arbietsverfahren und fur Ausfuhrungsart Verbrenungsmaschinen . Pada waktu itu mesin tersebut tergantung panas yang di hasilkan ketika kompresi untuk menyalahkan bahan bakar. Bahan bakar ini diteruskan keselinder  oleh tekanan udara pada akhir kompresi.             Pada tahun 1924 Robert  Bosch seorang insiyur dari jerman mencoba mengembangkan pompa injeksi  dari pada menggunakan tekanan udara yang akhirnya berhasil menyempurnakan ide dari Dr.Rudolf diesel tersebut.keberhasilanya Robert  Bosch  tersebut di rasakan sampai sekerang MEMAHAMI DASAR DASAR MESIN         Suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan, jalan, udara dan sebagainya. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin. Mesin merupa

Pengertian Teknik Kendaraan Ringan

           Teknik Kendaraan Ringan merupakan kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri. TKR / Otomotif Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai tujuan PendidikanNasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.          Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten: 1. Memahami dasar-dasar mesin. 2. Memahami proses-proses dasar pembentukan logam. 3. Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi.

MESIN DAN KOMPONEN UTAMA SEPEDA MOTOR

Sepeda motor, seperti juga mobil dan pesawat tenaga lainnya, memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.  Mesin merupakan alat untuk membangkitkan tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin. Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu : 1.  Kepala silinder (cylinder