Langsung ke konten utama

SISTEM STARTER



FUNGSI
Sebagai Penggerak mula, ketika mesin pertama kali dinyalakan

TERDAPAT 3 JENIS SISTEM STARTER
1. TIPE PLANETARY
 2. TIPE REDUKSI
                Pada starter tipe ini terdapat gear-gear yang saling
     mereduksi dari kumparan armature hingga ke gear pada poros 
     kopling  


3. TIPE KONVENSIONAL
                 Pada starter tipe ini hanya terdapat satu buah gear yaitu
     pinion gear yang akan terhubung ke fly wheel gear ketika drive
     lever mendorong gear tersebut saat starter berputar
URAIAN
          Untuk mempersempit materi bahasan tentang sistem starter, blogger hanya akan membahas tentang sistem starter tipe konvensional saja. seperti gambar di bawah ini.

KOMPONEN UTAMA DAN FUNGSI SISTEM STARTER TYPE KONVENSIONAL

1. SWITCH STARTER
    Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dari baterai

2. PEGAS PLUNYER
             Untuk mengembalikan posisi plunyer setelah menekan dan 
     mendorong drive lever

3. PLUNYER
    Untuk mendorong dan mengkait drive lever

4. DRIVE LEVER
           Untuk mendorong clutch dan pinion gear agar terhubung ke
    flywheel gear

5. FRONT CASE
    Untuk menutup bagaian depan starter

6. STOP COLAR
    Untuk membatasi pergerakan clutch dan pinion gear pada poros

7. PINION GEAR
    Untuk memutar gear pinion

8. STARTER CLUTCH
    Untuk membatasi putaran cepat dari clutch

9. ARMATURE
    Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah melingkar

10.COMUTATOR
           Untuk tempat kedudukan sikat arang yang akan mengalirkan
      listrik ke armature sehingga terjadi putaran

11.WASHER
          Untuk membatasi dan mengunci poros bagian belakang dari 
      starter

12.FIELD COIL
          Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah lurus dan
      mendatar

13.BRUSH HOLDER
   Untuk tempat kedudukan brush positif dan negatif

14.BRUSH
    Untuk menghantarkan arus listrik pada komutator

15.REAR CASE
   Untuk menutup starter bagian depan

16. BOLT
   Untuk mengikat secara keseluruhan komponen sistem starter


KOMPONEN BESAR UTAMA SISTEM STARTER TIPE KONVENSIONAL

1. KUMPARAN MEDAN (FIELD COIL)
    Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah lurus dan mendatar

2. KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE)
    Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah 
     melingkar

3. RANGKAIAN SIKAT DAN SIKAT
    Fungsi : sebagai tempat kedudukan sikat positif dan negatif dan
    juga untuk menghantarkan arus listrik pada komutator

4. SWITCH STARTER
            Fungsi : Untuk menghubung dan memutuskan arus
     listrik yang mengalir pada pada     rangkaian. Terdapat 3 
     Terminal pada switch starter yaitu : 30, 50 dan C
    dan juga terdapat dua buah gulungan utama yaitu : Pull in 
    Coil dan Hold in Coil
CARA KERJA SISTEM STARTER DALAM RANGKAIAN
           Ketika kunci kontak di ON kan, arus listrik dari baterai mengalir melewati rangkaian sikring lalu ke terminal 50 dari switch starter. Bersamaan dengan itu ada pula sebagian arus listrik yang mengalir ke terminal 30 dari switch starter yang dapat menimbulkan kemagnetan dari kumparan Pull in Coil dan Hold in Coil dari switch starter yang menarik plunyer switch starter sehingga drivel lever mendorong kopling dan pinion gear ke fly wheel gear

PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM STARTER
1. LAKUKAN PENGUKURAN PADA KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE)
    a. Pengukuran komutator hubungan terbuka     
        Jika terdapat hubungan, maka armature baik namun jika
        tidak terdapat hubungan maka kontinuitas armature 
        putus
    b. Pengukuran komutator hubungan masa   
        Jika tidak terdapat huungan maka armature baik, 
        namun jika terdapat hubungan maka kontinuitas 
        armature bocor

2. LAKUKAN PENGUKURAN PADA FIELD COIL
    c. Pengukuran sirkuit Field Coil hubungan terbuka
       Jika terdapat hubungan maka field coil baik namun jika
       tidak terdapat hubungan maka continuitas field coil 
       putus. 
       
    d. Pengukuran sirkuit Field Coil hubungan massa
         Jika tidak terdapat hubungan maka field coil baik 
         namun jika terdapat hubungan maka continuitas 
         maka continuitas dari field coil bocor


3. LAKUKAN PENGUKURAN PANJANG SIKAT DAN
    RANGKAIAN SIKAT
                     Panjang sikat yang diukur tergantung dari tipe 
     starter yang  di  gunakan oleh kendaraan masing-masing
     namun jika sikat masih panjang dan kondisinya masih 
     baik (belum aus dan      rompal) tidak perlu diganti.
             Pada Pengukuran isolasi sikat seharusnya tida ada 
     hubungan namun jika ada hubungan maka rangkaian 
     sikat harus di ganti
4. LAKUKAN PEMERIKSAAN STARTER CLUTCH DAN 
    PINION GEAR
KERUSAKAN - KERUSAKAN MOTOR STARTER
1. Rangkaian sikat dan sikat sudah aus atau putus
2. Kumparan switch starter rusak
3. Kumparan Field Coil Bocor atau putus
4. Sepatu kutub terbakar
5. Sikring putus
6. Baterai sudah aus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

  Mata Pelajaran : Kreatif Inovasi & Kewirausahaan Materi : Brainstorming & Mind Mapping Usaha Sederhana Tujuan : Melatih siswa menemukan dan mengembangkan ide usaha secara kreatif. A. Pengantar Materi Brainstorming  adalah curah pendapat/ide sebanyak mungkin tanpa mengkritik. Mind Mapping  adalah peta pikiran untuk menyusun ide agar lebih terstruktur. Produk ide tertulis  adalah hasil akhir berupa konsep usaha sederhana. B. Soal Latihan Bagian 1 – Pilihan Ganda Brainstorming dilakukan dengan cara … a. Menghapus ide yang tidak realistis b. Menilai setiap ide secara kritis c. Menyampaikan ide sebanyak mungkin tanpa kritik d. Membatasi jumlah ide Mind mapping berguna untuk … a. Menghitung modal usaha b. Membuat ide menjadi terstruktur c. Menyusun laporan keuangan d. Menentukan lokasi usaha Yang termasuk kreativitas dalam usaha adalah … a. Menyalin produk pesaing b. Memberi nama produk unik c. Menjual produk sama tanpa perubahan d. Menghindari promosi Bagian 2 –...

Mind Mapping Usaha Sederhana

  LEMBAR 1 – Brainstorming Usaha Sederhana Topik: Usaha Sederhana untuk Anak Sekolah / Remaja 💡 Pertanyaan Pemicu: ·          1. Usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal kecil? ·          2. Produk atau jasa apa yang sering dibutuhkan di lingkungan sekitar (sekolah/rumah)? ·          3. Usaha apa yang bisa dilakukan sambil tetap sekolah? Hasil Brainstorming (daftar ide): ·          Jualan makanan ringan (gorengan, keripik, kue) ·          Jualan minuman dingin (es teh, es jeruk, kopi susu, infused water) ·          Jasa cuci motor / sepeda ·          Jasa pengetikan / print tugas sekolah ·          Kerajinan tangan (gantungan kunci, gelang, t...

MESIN DAN KOMPONEN UTAMA SEPEDA MOTOR

Sepeda motor, seperti juga mobil dan pesawat tenaga lainnya, memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.  Mesin merupakan alat untuk membangkitkan tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin. Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu : 1.  Kepala silinder ...