1. Mesin 4 Tak
Disebut 4 langkah karena dalam satu siklus kerja (menghasilkan tenaga), piston bergerak 4 kali langkah (2 putaran poros engkol).
Tahapan Kerja:
-
Langkah Hisap (Intake Stroke)
-
Katup masuk terbuka.
-
Piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah).
-
Campuran udara + bahan bakar masuk ke ruang silinder.
-
-
Langkah Kompresi (Compression Stroke)
-
Katup tertutup.
-
Piston bergerak TMB ke TMA.
-
Campuran udara + bahan bakar dikompresi hingga tekanan dan suhu naik.
-
-
Langkah Usaha (Power Stroke)
-
Tepat sebelum piston mencapai TMA, busi menyala (pada bensin) atau solar menyemprot (pada diesel).
-
Campuran terbakar, tekanan tinggi mendorong piston ke bawah (tenaga dihasilkan).
-
-
Langkah Buang (Exhaust Stroke)
-
Katup buang terbuka.
-
Piston bergerak TMB ke TMA, mendorong sisa gas buang keluar.
-
👉 Jadi: 4 langkah = 2 putaran poros engkol menghasilkan 1 tenaga.
Cocok untuk motor/mobil harian karena lebih efisien, halus, dan irit.
2. Mesin 2 Tak
Disebut 2 langkah karena dalam satu siklus kerja, piston hanya bergerak 2 kali langkah (1 putaran poros engkol).
Tahapan Kerja:
-
Langkah Kompresi + Isap (Compression + Intake)
-
Saat piston naik dari TMB ke TMA, campuran udara + bahan bakar di ruang silinder dikompresi.
-
Sementara itu, ruang bilas di bawah piston menghisap campuran baru melalui karburator.
-
-
Langkah Usaha + Buang (Power + Exhaust)
-
Tepat sebelum piston mencapai TMA, busi menyala → campuran terbakar → piston terdorong ke bawah.
-
Gerakan piston ke bawah menekan campuran baru di ruang bilas.
-
Saat mendekati TMB, lubang buang dan lubang bilas terbuka → gas buang keluar, campuran baru masuk ke silinder.
-
👉 Jadi: 2 langkah = 1 putaran poros engkol menghasilkan 1 tenaga.
Lebih bertenaga, tapi boros BBM, suara lebih kasar, dan gas buang lebih banyak.
3. Perbandingan Singkat
Aspek | Mesin 4 Tak | Mesin 2 Tak |
---|---|---|
Tenaga | 1 kali tenaga tiap 2 putaran | 1 kali tenaga tiap 1 putaran |
Konsumsi BBM | Lebih irit | Lebih boros |
Pelumasan | Oli mesin terpisah | Oli campur bensin (atau oli samping) |
Umur Mesin | Lebih awet | Lebih cepat aus |
Suara | Halus | Kasar |
Aplikasi | Motor/mobil modern | Motor bebek/jadul, mesin tempel, chainsaw |
-
Kiri: Mesin 4 Tak → ada 4 langkah (Hisap, Kompresi, Usaha, Buang)
-
Kanan: Mesin 2 Tak → hanya 2 langkah (Kompresi+Isap, Usaha+Buang)
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar