Langsung ke konten utama

Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) Kelas XII – Fase F Topik 5 – Evaluasi Usaha dan Perencanaan Keberlanjutan

 

MODUL PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran: PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan)

Kelas/Semester: XII / Ganjil

Topik: Evaluasi Usaha dan Perencanaan Keberlanjutan

Capaian Pembelajaran (CP): Mengevaluasi hasil usaha dan merencanakan keberlanjutan.

 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:
1. Menyusun laporan keuangan sederhana yang memuat modal, omzet, serta perhitungan laba-rugi.
2. Mengidentifikasi dan menganalisis feedback pelanggan sebagai bahan evaluasi usaha.
3. Menyusun rencana tindak lanjut untuk keberlanjutan dan pengembangan usaha.

B. Materi Esensial

1. Laporan Keuangan Sederhana

Laporan keuangan merupakan dokumen penting untuk mengetahui kondisi usaha. Unsur-unsur yang wajib ada:
- Modal Awal
- Omzet/Pendapatan
- Biaya/Modal Kerja
- Laba-Rugi

Contoh format sederhana laporan laba-rugi bulanan:

Keterangan

Jumlah (Rp)

Modal Awal

5.000.000

Omzet Penjualan

8.000.000

Biaya Operasional

2.500.000

Laba Bersih

5.500.000

2. Feedback Pelanggan

Feedback pelanggan adalah masukan, saran, atau kritik yang diberikan oleh konsumen terhadap produk/jasa.
Jenis feedback:
- Positif
- Negatif

Cara memperoleh feedback:
- Kuesioner atau angket sederhana
- Review langsung
- Media sosial

Manfaat feedback:
- Mengetahui kelebihan dan kekurangan usaha
- Menjadi dasar pengambilan keputusan
- Meningkatkan kualitas produk/jasa

3. Perencanaan Keberlanjutan Usaha

Keberlanjutan usaha berarti merancang strategi agar bisnis tetap berjalan dan berkembang. Hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Perbaikan Produk/Jasa
2. Strategi Pemasaran
3. Manajemen Keuangan
4. Inovasi
5. Tujuan Jangka Panjang

C. Aktivitas Belajar

1. Diskusi Refleksi Usaha
- Siswa mendiskusikan pengalaman menjalankan usaha.

2. Analisis Laporan Keuangan
- Menghitung omzet, biaya, laba-rugi.

3. Penyusunan Rencana Tindak Lanjut
- Membuat rencana keberlanjutan usaha berdasarkan evaluasi.

D. Penilaian

1. Penilaian Pengetahuan: Tes/kuis tentang laporan keuangan, feedback pelanggan, dan konsep keberlanjutan.
2. Penilaian Keterampilan: Produk (Laporan Keuangan Sederhana) dan Kinerja (Analisis dan Rencana Perbaikan).
3. Penilaian Sikap: Keaktifan diskusi, kerjasama, tanggung jawab.

E. Produk/Akhir Pembelajaran

Siswa menghasilkan Laporan Evaluasi Usaha yang memuat:
1. Laporan keuangan sederhana
2. Analisis feedback pelanggan
3. Rencana tindak lanjut usaha

F. Refleksi

Setelah kegiatan ini, siswa diharapkan memahami bahwa evaluasi usaha tidak hanya sekadar menghitung untung rugi, tetapi juga bagaimana merencanakan langkah berikutnya agar usaha tetap tumbuh dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

  Mata Pelajaran : Kreatif Inovasi & Kewirausahaan Materi : Brainstorming & Mind Mapping Usaha Sederhana Tujuan : Melatih siswa menemukan dan mengembangkan ide usaha secara kreatif. A. Pengantar Materi Brainstorming  adalah curah pendapat/ide sebanyak mungkin tanpa mengkritik. Mind Mapping  adalah peta pikiran untuk menyusun ide agar lebih terstruktur. Produk ide tertulis  adalah hasil akhir berupa konsep usaha sederhana. B. Soal Latihan Bagian 1 – Pilihan Ganda Brainstorming dilakukan dengan cara … a. Menghapus ide yang tidak realistis b. Menilai setiap ide secara kritis c. Menyampaikan ide sebanyak mungkin tanpa kritik d. Membatasi jumlah ide Mind mapping berguna untuk … a. Menghitung modal usaha b. Membuat ide menjadi terstruktur c. Menyusun laporan keuangan d. Menentukan lokasi usaha Yang termasuk kreativitas dalam usaha adalah … a. Menyalin produk pesaing b. Memberi nama produk unik c. Menjual produk sama tanpa perubahan d. Menghindari promosi Bagian 2 –...

Mind Mapping Usaha Sederhana

  LEMBAR 1 – Brainstorming Usaha Sederhana Topik: Usaha Sederhana untuk Anak Sekolah / Remaja 💡 Pertanyaan Pemicu: ·          1. Usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal kecil? ·          2. Produk atau jasa apa yang sering dibutuhkan di lingkungan sekitar (sekolah/rumah)? ·          3. Usaha apa yang bisa dilakukan sambil tetap sekolah? Hasil Brainstorming (daftar ide): ·          Jualan makanan ringan (gorengan, keripik, kue) ·          Jualan minuman dingin (es teh, es jeruk, kopi susu, infused water) ·          Jasa cuci motor / sepeda ·          Jasa pengetikan / print tugas sekolah ·          Kerajinan tangan (gantungan kunci, gelang, t...

MESIN DAN KOMPONEN UTAMA SEPEDA MOTOR

Sepeda motor, seperti juga mobil dan pesawat tenaga lainnya, memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.  Mesin merupakan alat untuk membangkitkan tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin. Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu : 1.  Kepala silinder ...