Langsung ke konten utama

SOAL COMMONRAIL

SOAL COMMONRAIL
1. Cara penyalaan bahan bakar pada motor diesel …
A. Penyalaan dengan bunga api listrik
B. Penyalaan dengan batere
C. Penyalaan dengan busi pijar
D. Penyalaan dengan sendirinya
2. Motor diesel terbagi dua ….
A. Injeksi langsung dan tak langsung
B. Penyemprotan langsung dan penyemprotan tidak langsung
C. Penyalaan langsung dan penyalaan tidak lansung
D. Campuran langsung dan campuran tak langsung
3. Yang bukan ruang bakar motor diesel adalah …
A. Kamar muka
B. Setengah bola
C. Hati
D. Atap
4. Yang termasuk jenis pompa ijeksi adalah
A. In-line
B. Distributor
C. Tanpa poros nok
D. Semua benar
5. Jenis pompa injeksi yang satu elemenn melanyani semua silinder adalah
A. Sebaris
B. Distributor
C. Tanpa poros nok
D. In -line
6. Pada sistim bahan bakar motor diesel yang mempunyai fungsi untuk meberi tekanan awal bahan bakar dan penyaluran awal adalah
A. Injektor (nozzle)
B. Priming pum
C. Pompa injeksi (injecton pump)
D. Deliveri valve
7. Syarat terjadinya pembakaran dalam motor diesel seperti tersebut dibawah ini, kecuali :
A. Udara
B. Panas
C. Bahan bakar
D. api
8. Pada sistim induksi motor diesel dikenal dengan sistim indusksi paksa yang menggunakan perangkat pemaksaaan udara masuk yang disebut :
A. Radiator
B. Alternator
C. Turbocharger
D. Kompressor
9. Udara panas yang dibutuhkan oleh proses pembakaran pada motor diesel dihasilkan dari
A. Busi pijar
B. Air pendingin
C. kompressi
D. Deliveri valve
10. Yang bukan termasuk tujuan dari Diesel adalah
A. Menaikan Rendemen motor
B. Mengganti susunan pengapian dengan penyalaan sendiri
C. Meningkatkan daya Motor
D. Menembangkan mesin dengan bahan bakar murah
11. Zat yang dihisap oleh piston motor Diesel adalah
A. Udara saja
B. Bahan bakar saja
C. Udara campur dengan Bahan bakar
D. Uap saja
12. Perbandingan campuran motor diesel pada beban menengah adalah
A. Kurus
B. Sedikit kaya
C. Kaya
D. Sedikit kurus
13. Penyebab daya motor lebih rendah dari pada motor oto adalah
A. Perbandingan kompresi tinggi
B. Perbandingan campuran yang kaya
C. Putaran lebih rendah
D. Tekanan pembakaran lebih tinggi
14. Ruang bakar Diesel yang dilengkapi bola pemanas adalah
A. Ruang bakar kamar Pusar
B. Ruang bakar kamar Atap
C. Ruang bakar kamar Muka
D. Ruang bakar kamar Hati
15. Pada sistim bahan bakar motor diesel common rail terdapat piranti yang merupakan masukan semua data yang dibutuhkan oleh control unit
untuk menghitung kebutuhan bahan bakar yang dibutuhkan engine sesuai kondisi dan pembebanan mesin diantaranya kecuali,
A. Injektor (nozzle)
B. Air flow sensor
C. Tekanan rail
D. Pedal gas
16. Pada sistim bahan bakar motor diesel common rail input data diterjemahkan oleh control unit sebagai perintah pada masing-masing actuator.
Beberapa actuator yang mendapatkan perintah dari control unit diantaranya kecuali,
A. Injektor (nozzle)
B. pressure control valve
C. electric shut off valve
D. Deliveri valve
17. Komponen yang berguna untuk mematikan motor diesel secara elektromagnetik adalah
A. Katup thermostat
B. Selenoid
C. Katup control Elektromagnetik
D. Efusifon
18. Komponen governor dari pompa injeksi jenis rotari adalah……
A. Tuas start
B. Bushing pengatur
C. Pegas stsr
D. Jawaban a,b,c benar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN

 SEJARAH SINGKAT MESIN DIESEL            Diesel berasal dari nama seorang insiyur dari jerman yang menemukan mesin ini pada tahun 1893, yaitu Dr.Rudolf Diesel . Ia mendapat kan paten ( Rp.67207 ) berjudul Arbietsverfahren und fur Ausfuhrungsart Verbrenungsmaschinen . Pada waktu itu mesin tersebut tergantung panas yang di hasilkan ketika kompresi untuk menyalahkan bahan bakar. Bahan bakar ini diteruskan keselinder  oleh tekanan udara pada akhir kompresi.             Pada tahun 1924 Robert  Bosch seorang insiyur dari jerman mencoba mengembangkan pompa injeksi  dari pada menggunakan tekanan udara yang akhirnya berhasil menyempurnakan ide dari Dr.Rudolf diesel tersebut.keberhasilanya Robert  Bosch  tersebut di rasakan sampai sekerang MEMAHAMI DASAR DASAR MESIN         Suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan, jalan, udara dan sebagainya. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin. Mesin merupa

Pengertian Teknik Kendaraan Ringan

           Teknik Kendaraan Ringan merupakan kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri. TKR / Otomotif Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai tujuan PendidikanNasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.          Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten: 1. Memahami dasar-dasar mesin. 2. Memahami proses-proses dasar pembentukan logam. 3. Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi.

MESIN DAN KOMPONEN UTAMA SEPEDA MOTOR

Sepeda motor, seperti juga mobil dan pesawat tenaga lainnya, memerlukan daya untuk bergerak, melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Untuk memungkinkan sebuah sepeda motor yang kita kendarai bergerak dan melaju di jalan raya, roda sepeda motor tersebut harus mempunyai daya untuk bergerak dan untuk mengendarainya diperlukan mesin.  Mesin merupakan alat untuk membangkitkan tenaga, ia disebut sebagai penggerak utama. Jadi mesin disini berfungsi merubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut diperoleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan, dengan kata lain tekanan gas yang terbakar akan menimbulkan gerakan putaran pada sumbu engkol dari mesin. Komponen Utama Pada Mesin Sepeda Motor Komponen utama pada mesin sepeda motor yaitu : 1.  Kepala silinder (cylinder